Euro 2008 Melewati Hari Ketiga

Euro 2008 sudah memasuki hari ketiga. tidak ada kejutan di dua hari pertama. Para unggulan berhasil meraih poin penuh. Sementara itu Swiss dan Austria gagal memanfaatkan momen sebagai tuan rumah untuk menyandingkan diri dengan tim-tim elit Eropa. Swiss tampil impresif meskipun kehilangan kapten mereka, Alexander Frei, di akhir babak pertama. Namun tim asuhan Kobi Kuhn ini gagal memanfaatkan peluang di menit-menit akhir untuk menyamakan kedudukan sehingga hasil akhir 1-0 dapat untuk Ceko. Sverkos yang baru masuk babak kedua jadi pahlawan Ceko lewat gol tunggalnya. Di kubu tim tuan rumah yang lain, Austria gagal menorehkan kenangan indah di penampilan perdananya di turnamen final Piala Eropa. Roland Linz dkk gagal membalas gol penalti cepat dari Kroasia lewat Luka Modric. Kedudukan 1-0 bertahan hingga peluit akhir pertandingan berbunyi.

Kedua unggulan grup A dan B, Portugal dan Jerman, berhasil meraih kemenangan meyakinkan 2-0 di partai pertamanya. Meskipun Portugal masih belum memiliki striker yang mumpuni sejak Pauleta gantung sepatu, namun permainan atraktif dari para gelandang mereka berhasil membawa kemenangan. Tim Brasil dari eropa ini membukukan skor lewat pemain bertahan Pepe dan Raul Meireles yang masuk di pertengahan babak kedua. Di grup B, kemenangan pertama Tim Bavaria semenjak final Euro’96 atas Ceko diwarnai aksi Podolski yang memantapkan diri di puncak pencetak gol sementara lewat dua golnya. Ini merupakan lanjutan pembuktian Podolski setelah menjadi top skorer Jerman di babak kualifikasi dengan 8 gol.

Hari ketiga yang banyak dinantikan, karena memainkan partai dari grup neraka, menghasilkan hasil seri untuk Perancis dan kemenangan fantastis bagi Belanda. Perancis kehilangan tajinya di hadapan wakil eropa timur, Rumania, setelah ditahan imbang 0-0. Sementara itu Belanda digdaya di hadapan Italia dengan mencetak tiga gol tanpa balas. Van Nistelrooy, Sneijder, dan Van Bronckhorst adalah aktornya.

Berikutnya mari kita bicara statistik untuk enam partai pertama. Sejumlah 21 kartu kuning telah dikeluarkan oleh wasit. Total 9 gol, 3 gol untuk setiap grup, telah tercipta lewat 8 orang yang berbeda. Dari 147 shot yang terjadi, tim Belanda memimpin dengan 18 shot-nya ke gawang Buffon. Sementara untuk individu, Cristiano Ronaldo masih jadi yang terdepan dengan 6 shot. Tapi untuk urusan akurasi, Nistelrooy lah yang memimpin dengan 3 buah shot on goal, bersama Ivica Vastic dari Austria dengan perolehan yang sama. Untuk urusan passing, Perancis teratas meski bermain imbang tanpa gol. Perolehan angka passing mereka adalah 560 di mana Makalele menjadi pelaku terbanyak untuk saat ini dengan jumlah 75. Angka statistik ini didapat dari hasil perhitungan Castrol Performance Index yang dipampang di website resmi Euro 2008.

Sebuah hal yang unik adalah tim yang menderita kekalahan selalu gagal mencetak gol dalam tiga hari ini. Apakah mitos ini akan terpecahkan di Grup D? Malam ini akan kita temukan jawabannya di partai lanjutan Euro 2008, Spanyol versus Rusia dan juara bertahan Yunani kontra Swedia.

Bravo Sepakbola.

~Dani

*artikel ini ditampilkan juga di http://seputarpialaeropa.co.cc/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s