Prediksi Euro’08: Dari Basel Menuju Vienna

http://www.euro2008.uefa.comBenua biru akan kembali menjadi pusat perhatian dunia saat perhelatan akbar bertajuk Euro 2008 berlangsung di Austria dan Swiss bulan Juni ini. Partai pembuka akan dilangsungkan di Basel, Swiss dan partai final akan digelar di Vienna, Austria. Yunani datang dengan gelar juara bertahan, sementara Italia membawa mahkota juara dunia yang sudah disandang selama dua tahun. Sejauh ini baru Perancis yang mampu merengkuh gelar Eropa saat menyandang status juara dunia, yaitu pada tahun 2000 setelah menjuarai Piala Dunia di kandang sendiri dua tahun sebelumnya. Apakah Italia dapat mengikuti jejak Perancis? Prestasi di Piala Dunia sebelumnya pun, yang notabene berjarak cukup dekat sehingga materi tim tidak akan jauh berbeda, biasanya tidak sebanding dengan prestasi di Piala Eropa setelahnya. Hanya generasi emas Perancis-lah yang dapat mempertahankan konsistensinya. Negara lain yang mampu menembus keterbatasan itu adalah Jerman yang pernah jadi dua kali juara setelah menjadi runner-up di Piala Dunia.

Grup A (Swiss, Ceko, Portugal, Turki) : Pembuktian Ronaldo

Tahun ini bisa dibilang merupakan tahunnya penyerang sayap Portugal, Cristiano Ronaldo, lewat suksesnya bersama MU di kompetisi lokal maupun eropa. Seabrek gelar diberikan kepadanya mulai dari pemain terbaik hingga pencetak gol terbanyak. Tentu Ronaldo tertantang untuk melengkapi gelarnya dengan bermain semaksimal mungkin untuk Portugal di Piala Eropa kali ini. Hadangan terbesar adalah Ceko yang punya tradisi sangat bagus di kancah Piala Eropa. Sementara besar kemungkinannya Turki akan menjadi penghuni buncit klasemen. Sebagai tuan rumah, Swiss punya kesempatan menciptakan kejutan dengan menyingkirkan Ceko di babak ini.

Grup B (Austria, Kroasia, Jerman, Polandia) : Deutschland Uber Alles!

Jerman merupakan tim yang solid sejak Piala Dunia 2006 kemarin, saat kalah menyakitkan dari Italia yang akhirnya jadi juara dunia. Terbukti saat kualifikasi mereka menjadi tim pertama yang lolos ke Euro’08 dan memegang predikat tim tersubur dengan rekor 35 gol. Tantangan berat akan datang dari Kroasia yang tampil apik di kualifikasi dengan melibas tim favorit Inggris dua kali. Walaupun berstatus tuan rumah, Austria tidak akan berbicara terlalu banyak. Sementara performa Polandia akan sangat tergantung kegemilangan dari Ebi Smolarek. Namun arogansi Jerman akan tetap terjaga sesuai kutipan slogan mereka, “Deutschland Uber Alles!” – Bangsa Jerman di atas segalanya.

Grup C (Belanda, Italia, Rumania, Perancis) : Grup Neraka = Grup Calon Juara?

Grup yang akan banyak dibicarakan oleh para penikmat Euro di fase awal. Bila sejarah ditilik ulang, maka sejak digunakannya sistem empat grup, tahun 1996, juara selalu berasal dari grup neraka hingga Yunani -negeri para dewa- mematahkan mitos tersebut empat tahun lalu. Jerman yang segrup dengan Ceko, Italia, dan Rusia pada babak grup tahun 1996, serta Perancis yang berjibaku dengan Belanda, Ceko, dan Denmark di tahun 2000. Kali ini pertandingan paling krusial adalah partai pertama grup, Belanda versus Italia. Kemenangan akan jadi jaminan langgengnya jalan menuju babak knock-out. Dari kubu Perancis, King Henry akan menunjukkan pada dunia bahwa dirinya masih ada. Perancis akan kesulitan untuk lolos, sementara Belanda akan lolos setelah terseok-seok dan menuntaskan misi balas dendam atas Rumania atas kekalahannya di kualifikasi pada partai penutup grup. Italia masih mampu menunjukkan mental juaranya walaupun tidak akan beraksi terlalu jauh di babak berikutnya.

Grup D (Yunani, Swedia, Spanyol, Rusia) : Momentum Negeri Matador

Skuad Spanyol tidak usah diragukan lagi. Torres dan Fabregas menginspirasi dua raksasa Inggris, Liverpool dan Arsenal, musim ini. David Villa, David Silva, Charles Puyol, Sergio Ramos, dan Iker Casillas adalah jaminan mutu. Namun entah kenapa mental juara selalu jauh dari tim matador. Tahun ini adalah saat yang tepat untuk mengembalikan kebanggaan tahun 1962 saat satu-satunya gelar bagi Spanyol sebagai kampiun eropa diraih. Tim asuhan Luis Aragones pasti sudah belajar banyak untuk menghadapi Swedia karena berada di grup kualifikasi yang sama. Menghadapi Yunani pun mereka tidak akan mau kecolongan seperti kompetisi lalu. Yunani dan Swedia akan berebut tempat kedua di partai pertama grup. Namun kejutan dari Rusia tetap layak dinantikan.

Final Idaman

Tanpa kejutan yang berarti, maka Jerman akan bertemu Portugal di semifinal dan Italia jumpa Spanyol di partai lain. Dengan mental juaranya Jerman akan kembali menapaki partai puncak untuk kali keenamnya. Permasalahan Jerman hanyalah faktor penjaga gawang yang minim regenerasi. Sedangkan Spanyol akan membawa misi lain, yaitu meminta respek dunia untuk mendukung mereka tetap eksis di dunia persepakbolaan. Sebabnya adalah pada bulan Februari lalu FIFA memberikan peringatan kepada RFEF, federasi sepakbola Spanyol, atas campur tangan pemerintah dalam asosiasi sepakbola yang bertentangan dengan asas FIFA. Penghinaan terbesar buat mereka adalah beredarnya pula isu digantikannya Spanyol oleh Inggris di Piala Eropa 2008 akibat kasus tersebut yang ternyata hanya sekedar April Mop.

Final idaman saya adalah Jerman-Spanyol. Tentunya banyak pendapat lain yang berbeda. Namun kenyataan seringkali menjungkirbalikkan prediksi, di sanalah letak daya magis sepakbola.

Salam Sepakbola.

Hardani Maulana,
Obsesi: Penulis artikel sepakbola

39 thoughts on “Prediksi Euro’08: Dari Basel Menuju Vienna

  1. Gile yaa… Tim sekuat Brazil gak lolos ke Piala Eropa😛 Jadi dukung yang lain… Saya dukung tim dengan semangat menyerang tinggi (dan kualitas menjanjikan), Belanda di nomer satu, Inggris di nomer dua, dan karena Inggris cupu, Spanyol di nomer dua😀

  2. >Adit: Sayang sekali buat Inggris, pdhal Gerrard dah dikasi no 10 =p
    >Fitra: Wahaha, sama yah.. bagus2..
    >Widya: Tenang, bola itu bundar dan akan selalu begitu😀
    >Lafra: Makasiiih…
    >Zakka: Wakwaw, Brazil di Piala Eropa? hehe, ga kebayang… Sayangnya Belanda dan Spanyol satu pool, jadi paling ktmu di semifinal aja..

    Selamat Datang Euro 08!
    Jadi pengen nonton Piala Asia lagi..
    Lho?!?? Hehe..

  3. >Ary: Di Euro-Euro sebelumnya gw jagoin Belanda sebenernya, terutama pas tahun 2000. Tapi entah kenapa mental mereka masi kurang, terutama klo ketemu tim dengan pertahanan ketat kaya Italia pas tahun 2000 dan Yunani tahun 2004, keduanya pas semifinal. Asal bisa jadi juara grup C, bukan mustahil mereka bs maju lagi sampe semifinal tahun ini.
    Anyway, thanks 4 ur comment😀

  4. yakin team lo pada bgus,,,,

    Menang dlu lwan spanyol bru bs prediksi loe bnar..

    Cesc tunjukan khebatanmu dlam mengobrak-abrik pertahanan lrusia, swedia n yunani..

  5. >bangipung: halah, bisa aja ngeledeknya si abang ini, amatiran gini.. hehe..
    >a 31 r: tenang bung, tenang… prediksi orang pasti beda2 kan. Kita lihat saja nanti😀
    Yang tim kesayangannya menang akan bersorak, tapi yang kalah harus tetap bebesar hati dong..

  6. haha pada lucu semua nich…
    salam kenal untuk semua
    kalo g tetep dukung belanda dan itali
    mereka berdua lolos group dan ketemu di final kayaknya…
    ok

  7. salam euro Dani, tebak skornya ditambahi lagi ya…supaya lebih rame gitu loh…sekalian tukeran link yuk Dan, linkmu udah nongol dit4ku, trims ya Dan

  8. Download Jadwal Piala Eropa 2008.

    GRATIS DAN OTOMATIS.
    Tinggal memasukkan score pertandingan, maka klasmen akan langsung berubah. format excel.

  9. hehe Dan klo aku pasti dukung portugal..!!goyangannya bo’..gk kuku…meskipun aku gak respect lg ma CR7…
    Hidup MU.!!
    eh..
    Hidup Portugal.!!

    final: portugal vs spanyol
    3 1

  10. Haha, tengks bwt yang dah komen..
    ampe ada yang masih belain Inggris buat Euro😀
    Kita tunggu hasilnya, 4 partai dah jalan..
    Sayangnya tuan rumah belum bicara banyak, masih dirundung kesialan. Pdhal bisa tuh kalo seri doang mah…

  11. final idaman gw:
    jerman – belanda

    dengan belanda yang keluar sebagai juara pastinya.. hidup kumpeni.. haha..

    maen2 lah, dan, ke blog gw.. hee..
    *tomps

  12. Thx semua dah mampir dan ngasi komen..

    >Sandy: Spanyol-Rusia:4-1.. Tapi kayanya pas lo tanya blum tanding tuh semalem.. hehe
    >whitefluffyclouds: Okeh tar maen ksana..

  13. Anakku!!! belom lulus2 gw nih!!! hwaaaa!!!!

    FORZA ITALIA!!!!

    gak bisa bo’ong sih, kayaknya Belanda deh…setan semua isinya

    Liat2 blog gw ya…🙂

  14. yeeeee,,, final idaman tercapai,,,
    akhirnya sy menonton 2tim yg sy slalu bela dri dulu ketemu di final… wuahahaha,,,, nih euro terbaik bwt jd tontonan sy:P

    walaupun perjalanannya tidak sesuai prediksi,,,
    tapi itulah bola,,,
    keyakinan pendukung ngefek gk yah ;)) hihihihi
    akankah endingnya sesuai prediksi??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s