Ke Medan?? Hmmm….

Kamis, 10 April 2008 (di Bandara Soekarno-Hatta)

Sejak kecil gw adalah salah satu orang yang jarang bepergian jauh. Deket pun jarang siy sebenernya, hehe… Liburan selalu gw lewati di rumah atau rumah sepupu yang letaknya satu kota juga, di Jakarta. Ironisnya di Jakarta pun gw jarang jalan-jalan. Keluarga gw jarang ngajak jalan-jalan. Bukannya gw ga diajak yah, tapi emang kita ga pernah jalan-jalan, maklum orang susah.. :p Terakhir jalan-jalan yang paling gw inget kelas 1 SD ke Kebun Binatang Ragunan. Untungnya sepupu gw kadang sering ngajak jalan, pernah juga ke Dufan, itupun kelas 1 SD. Pernah sesekali ke Bandung juga dulu. Tapi yah itu jarang banget.. Hasilnya untuk ukuran orang Jakarta gw termasuk orang yang ga tau jalan (Lho, apa hubungannya yah??). Untungnya sejak SMA gw punya banyak temen yang sering membuat gw terpaksa muter-muter di Jakarta. Di Jakarta aja jarang keluar, apalagi ke luar kota atau ke luar negeri? Lagi-lagi untungnya perjalanan gw nyari ilmu ngebawa gw tinggal di Bandung untuk waktu 4,5 tahun. Gw kuliah di sana, di Kota Kembang yang kata orang-orang emang banyak ‘kembang’nya. Hmm…

Ngomong-ngomong soal perjalanan, hari ini gw pergi ke Medan. Emang bukan jalan-jalan siy. Melainkan tugas kantor untuk nimba ilmu di lapangan. Tapi akhirnya untuk kali ketiga gw melintas keluar dari Pulau Jawa. Yang pertama itu waktu tahun 2004, waktu gw ke Lampung untuk ikut turnamen futsal tingkat nasional antar universitas. Waktu itu gw juga pertama kali naek kapal, kapal feri buat nyebrang dari Merak ke Bakauheni. Hmm.. jadi terkenang lagi beberapa jam di kapal waktu itu. Tim kami nonton bareng pentas Euro 2004, Italia versus Swedia yang berakhir 1-1. Minimnya kualitas antena di kapal itu bikin gw bolak balik naek ke atap kapal buat benerin antena, sementara temen-temen gw nyemangatin, “Ayo Dan, dikit lagi..” Dan orang-orang lain yang lagi tidur kebangun begitu tau ada pertandingan sepakbola, sambil tampaknya berpikir dalam hati, “Semangat amat niy orang-orang pengen nonton bola..” Yup, itu dia sekilas perjalanan pertama gw keluar Jawa. Sementara yang kedua, tahun 2006. Kali ini Dewi fortuna ngasih gw kesempatan keluar negeri. Alhasil gw bisa naek pesawat untuk pertama kalinya. Gw melayang jauh ke India via Singapura. Untuk pertama kalinya gw ngeliat dari atas bandara mengecil jadi kota mengecil lagi jadi pulau terus ngecil ampe ketutupan awan. Pemandangan menakjubkan menurut gw, yang ngebuat gw mikir bahwa manusia emang selalu ga pernah puas dan selalu mencoba menembus limitasi yang ada. Setelah itu gw pernah dua kali naik pesawat ke Semarang pulang-pergi dan dari Surabaya ke Jakarta. Tapi itu masih dalam area Pulau Jawa. Dan akhirnya gw dapat kesempatan keluar lagi dari Pulau Jawa. Setelah 2004, 2006, sekarang 2008.. Wow, sebuah pola tahun genap yang menarik. Hehehe… Gw baru sadar ternyata adrenalin gw selalu terpacu ketika gw mengalami sebuah perjalanan yang jauh. Entah sebuah kewajaran manusiawi atau memang kekhususan bagi beberapa orang saja. Semoga perjalanan gw ga cuma sampai di sini. Gw pengen keliling Indonesia dan juga dunia.

Satu lagi mimpi perjalanan gw adalah: Kunjungan ke stadion-stadion sepakbola terkenal di Eropa!

4 thoughts on “Ke Medan?? Hmmm….

Leave a Reply

