Gara-Gara Si Komo Lewat

Prediksi gw hari ini bakal banyak bloggers yang nulis tentang gempa semalem di blognya masing-masing. Tapi agak kecewa jg pas nge-google dengan keyword “gempa 9 Agustus 2007 blog” ternyata yang relevan cuma ampe halaman kedua awal. Sisanya dah ngalor ngidul ceritanya. Emang siy masih tentang gempa, tapi bukan yang semalem terjadi di Bandung, Jakarta dan sekitarnya. Gagal dong hipotesa gw. Trus gw ganti analisa gw dengan penggantian keyword menjadi “gempa semalam blog”. Tapi ternyata ga banyak juga.. Dah dicoba juga “blog gempa Indramayu” trus ditambah “blog gempa Indramayu 9 Agustus 2007” ga terlalu jauh juga hasilnya. Tapi gw tetep percaya hipotesa gw benar walaupun ga ada buktinya.

Yup, semalem emang terjadi gempa. Waktunya sekitar tengah malam. Dah dikonfirmasi juga di berita televisi dan koran tadi pagi. Ada pembahasan dari BMG juga kalo tuh gempa ga terlalu berbahaya karena pusatnya jauh di dalem permukaan tanah (280-an km di bawah) walaupun cukup besar (sekitar 7.0 SR). Waktu itu gw lagi duduk di lantai di depan komputer gw. Tiba-tiba denger temen gw teriak-teriak ga jelas. Udah biasa siy, jadi kirain dia lagi rusuh aja. Jadinya kerasa goyang-goyang. Tapi pas nyadar, kok yang goyang lantai yah? Hualah.. ternyata gempa beneran.. Yaudah langsung gw keluar sama temen-temen yang lain sambil bawa hape. Cuma itu yang kepikiran buat diselamatin kalo bener-bener parah gempanya.

Katanya siy, di berita tadi pagi kalo ada gempa ini niy yang harus dilakukan:

Bila sedang di dalam ruangan
1.Berlindung di tempat yang terhalang bila seandainya bangunan runtuh, di bawah kasur atau meja
2.Keluar secepatnya kalo bisa

Bila sedang di luar ruangan
1.Pergi ke tempat terbuka
2.Menjauhi bangunan tinggi dan tiang listrik atau benda lain yang bisa tumbang

Kalo sedang di dalam kendaraan
1.Keluar kendaraan
2.Lakukan seperti bila sedang di luar ruangan

Bila sedang di pantai
1.Jauhi tepi pantai atau pergi ke tempat yang lebih tinggi untuk menghindari seandainya terjadi tsunami

Bila sedang di gunung
1.Jauhi tempat yang bisa terkena runtuhan batu

Jadi semalam gw dan temen-temen di rumah dah lumayan bener lah ya..

Tapi gw mo usul tambahin satu poin siy:

Jangan lupa berdoa setiap saat waktu menyelematkan diri.

Jangan-jangan semalem Si Komo lewat Laut Jawa yah, jadi goyang-goyang dikit deh pulau Jawa..
Kayanya ga deh, kalo Si Komo lewat kan jadinya macet, bukan gempa..

One thought on “Gara-Gara Si Komo Lewat

  1. Haha… sy jg tdnya mo nulis di blog Dan. Tp krn mikir pasti byk yg nulis, jd males. Walah, berarti sy ga bener dong? Bukannya berlindung di bawah meja/kasur, tp malah meringkuk keenakan di bawah selimut. Hihiy..

Leave a Reply

