Jualan email…

Ada kisah lucu dari artikel di Kompas hari kemarin, Senin 30 April 2007. Artikel berjudul “E-mail dijual” ini menceritakan tentang gambaran perkembangan teknologi informasi di Indonesia saat ini. Cerita yang menarik adalah dari pemahaman anggota parlemen daerah tentang teknologi informasi. Ketika ditanya apakah memiliki email, jawaban mereka adalah sebagai berikut:
Pejabat 1: “Saya pernah punya, tapi sudah dijual.”
Pejabat 2: “Secara pribadi saya belum memilikinya. Bukannya saya tidak mampu untuk memilikinya, tetapi saya masih cinta produk dalam negeri.”

Terlepas dari keabsahan informasi ini, apakah memang benar adanya ataukah dibesar-besarkan, namun memang ironis sekali bila ternyata masih banyak bangsa kita yang belum melek teknologi di zaman ini. Teknologi masih banyak dianggap sebagai gaya hidup, bukanlah kebutuhan penunjang dalam dunia informasi. Mungkin di kota-kota besar kita sering melihat handphone digunakan oleh semua kalangan dari pengusaha hingga supir angkot. Namun tetap saja sebagian besar dari mereka yang menggunakannya hanya menjadikan teknologi sebagai gaya hidup.

Untuk itu kita perlu saling menyadarkan orang-orang di sekitar kita betapa pentingnya teknologi informasi saat ini. Cerita dari artikel Kompas tersebut janganlah dijadikan lelucon yang melukiskan betapa gapteknya bangsa kita. Tapi pandanglah sebagai tantangan bagi kita, yang mungkin sedikit lebih tahu apa itu teknologi informasi, untuk membawa bangsa kita menjadi bangsa yang lebih maju.

Hidup Indonesia…

3 thoughts on “Jualan email…

  1. Hm, setuju kalo kita harus ngingetin teknologi informasi, sehingga setidaknya tahu lah itu sebenarnya apa. Biar kita gak ketinggalan ama bangsa lain.
    Cuma yang bisa dilihat di sini sih, moralnya, lebih baik jujur daripada pura-pura tahu. Penjabat yang ngomong di atas bikin sedih karena memilih pura-pura tahu.

  2. Wawww… Mau juga dong jualan email, kayanya untungnya gede tuh😀

    Yah, jualnya ke pejabat-pejabat daerah aja… Jual satu email 10000 kayanya lumayan, tapi capek juga registrasi banyak ke email gratisan… Tapi harus semangat!!! (becanda mode on)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s