Hari gini mikirin UAN ???

Minggu kemarin banyak berita mengenai UAN. Gw jg denger cerita UAN dari adek gw, yg bilang kalo kunci jawaban menyebar di sekolahnya. Apa itu UAN? Tentunya semua dah pada tau kalo UAN tuh Ujian Akhir Nasional. Menurut gw UAN bisa jadi salah satu cermin kebobrokan bangsa kita. Padahal UAN ini adalah salah satu elemen penting dari hal yang menurut gw paling berperan dalam perkembangan sebuah bangsa, PENDIDIKAN.

Menurut gw pendidikan adalah satu-satunya jalan menuju bangsa Indonesia yang lebih baik. Bener, gw pertegas lagi kalo menurut gw PENDIDIKAN adalah JALAN SATU-SATUNYA. Menurut gw ga penting kalo punya potensi besar di bidang-bidang tertentu, misalkan di Indonesia, sumber daya alam, pariwisata, dan lain-lain, bila pendidikan ga bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Tentu saja tanpa skill di bidang-bidang tersebut tidak dapat memaksimalkan potensi yang ada. Skill pastinya didapatkan dari pendidikan dan pengalaman. Namun terlebih lagi bila punya skill tapi tidak mendapat pendidikan moral yang cukup sehingga terjadilah hal yang merugikan seperti yang biasa terjadi di Indonesia, korupsi, dimanfaatkan negara lain, saling menjatuhkan dsb.

Banyak hal yang bisa dibentuk dari pendidikan, tidak terkekang pada satu hal saja ilmu yang diajarkan saja. Tapi lebih luas lagi, yaitu nilai-nilai moral yang ada di dalamnya, makna kehidupan, dan semangat buat jadi lebih baik. Untuk itu sudah sepantasnya kalo pemerintah ngasih perhatian yang sangat-sangat lebih di bidang pendidikan, mengorbankan bidang-bidang lain untuk jangka waktu misal 10 tahun. Kalo ga salah pernah baca siy, perkembangan Jepang, Cina, dan India ga lepas dari pendidikan. Langkah paling awal mereka adalah konsentrasi di pendidikan. Begitu juga negara-negara tetangga kita yang sebenarnya lebih muda dari kita, Malaysia dan Singapura. Dahulu orang Malaysia yang datang belajar ke Indonesia. Tapi sekarang, keadaan berbalik.

Kembali lagi ke UAN, menurut gw sistem ini bikin orang cuma menganggap pendidikan sebagai satu hal yang harus dilewatin untuk ke tahap selanjutnya. Bukannya secara keseluruhan sebagai satu kesatuan langkah yang harus dilakukan untuk menjadikan bangsa ini lebih baik lagi. Hasilnya kunci jawaban UAN yang menyebar pas hari-H dirasakan oleh para siswa sebagai jalan pintas untuk melewati tahap itu. Berbeda bila parameter kelulusan diambil dari keseluruhan masa belajar. Yang tentunya ga membuat banyak siswa berpikir pendek, “Asal bisa ngelewatin UAN, berarti ga masalah.”

Intinya yang gw maksud bukanlah sekedar, “yaudah jangan pake UAN lagi di sistem pendidikan Indonesia”. Tapi juga benerin seluruh sistem pendidikan dari tingkat yang paling rendah hingga tinggi. Membuat masing-masing tingkat terhubung satu sama lain. Dan seluruh sistem tersebut dibungkus dengan dukungan fasilitas memadai dan kemudahan dalam keikutsertaan. Semuanya ga bakal terwujud tanpa konsentrasi penuh di pendidikan, baik lewat materi maupun pikiran. Ga perlu keren-keren dengan pake teknologi tercanggih yang ada sekarang, asal bisa bikin sistem yang mantep, dan bikin semua peserta pendidikan menikmati yang namanya pendidikan. Sekarang kan kebanyakan sepertinya orang-orang tuh memposisikan pendidikan jadi sebuah beban yang harus dia lewati. Jadi nunggu apalagi niy para dedengkot negara? Mo sampai kapan kita begini? Gw tau pasti banyak bgt pertimbangan yang diambil sehingga ga semudah itu mengambil keputusan. Tapi, ya namanya rakyat, yang cuma bisa ngomong, minta, tanpa tau pemikiran secara menyeluruh, ya jadinya cuma bisa protes aja… hehehe…

Maju Indonesia…

9 thoughts on “Hari gini mikirin UAN ???

  1. tau gitu mah kgk usah ada UAN sekalian

    malah kasian yang pinter2 tau2 ga lulus eh yg bego2 malah lulus apa ga kebalik ya ? depdiknas sama balitbangnya juga GAZEBO NEH

  2. gw setuju bgt sama lo,,,,uan tuh hanya bikin kita semua jadi manusia pengkhianat. apapun dilakukan hanya untuk lulus uan dan gak peduli itu benar atau salah. gak yang pinter gak yang goblok sekali pun mereka pasti cari informasi tentang kebocoran uan. gw setuju banget sama lo juga tentang depdiknas yang GAZEBO beserta balitbangnya.

  3. hahahha
    hare gene maseh aja ngebahas uan
    base kali….
    mending kita ngedugem asyik kan
    ga buat strezzzz
    so buat lo lo semua yang habis uan mending kita have fun ok

  4. jadi inget masa sma.. kunci jawaban ulangan harian nyebar 1 angkatan..

    Matematika..dari Hardani Maulagi pastinya..
    Kimia..Sesep doonk!
    Biologi..Pandu.
    Fisika..hmm..dr lo juga bukan sih Dan??

    kalo gw mah jd end user aj dah. hehehe..
    emang enak punya temen banyak n pinter2..tp kalo pas UAN ama SPMB sih make otak sendiri lah. gengsi man! hahaha gaya

  5. blink-az >> Hahaha.. jadi inget masa lalu yang suram. Kerjaannya nyebar kunci jawaban. Tpi klo dah yang srius macam UAN & SPMB mah anti nyontek. sama aja yak?? tobat dah gw..

  6. tau d yang dah tobat.. skarang maenannya robot bok. lo knal ama zeddy juga y dan? apa jangan2 lo student ambassador ITB yak? hahaha jadi chatting gn..bagi YM lo skalian lah!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s